Wednesday, July 2, 2008

Starting Business for Dummies


"Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam bisnis"


Bagi orang-orang yang banyak berada di kuadran kiri (baca buku robert kiyosaki) seperti Saya, adalah hal yang kelihatannya tidak mungkin untuk mempunyai bisnis sendiri. Tapi ternyata jalan selalu ada bagi yang mau berusaha. Man Jadda wa Jadda, Siapa yang berusaha bersungguh-sungguh, dia yang akan mendapatkan. Begitu pepatah arab bilang. Apa yang disampaikan ini adalah rangkuman dari pengalaman, beberapa buku yg dibaca serta seminar yang diikuti. Tujuh langkah memulai usaha:

1. Set Your Goal

Niat adalah bagian awal yg penting dalam memulai usaha. Setiap amal perbuatan dimulai dari niat. Bayangkan dan visualisasikan bahwa kita sudah sukses sebagai pengusaha atau entrepreuneur. Masukkan visualisasi uang dan kemakmuran dalam pikiran bawah sadar kita. Rasakan bahwa kita sudah sukses. Pikiran-pikiran itulah yang akan bertindak sebagai acuan dalam melangkah. Dalam kedokteran dikenal otak kanan dan otak kiri. Gunakan otak kanan untuk berimaginasi dan berkreasi sebebas-bebasnya dan biarkan otak kiri yang memikirkan caranya. Karena bisnis banyak berkaitan dengan kreativitas, maka latihlah otak kreativitas anda dengan berpikir yang aneh dan tidak biasa, melakukan hal-hal yang berbeda di luar kebiasaan dsb. Jangan takut dianggap orang aneh bahkan gila. Entrepreuneur adalah kumpulan orang-orang aneh yang melakukan sesuatu yang dianggap aneh pada masanya.

2. Bekerja sama dengan ahlinya

Profit dalam bisnis adalah hal yang dicari oleh semua pengusaha, tapi ketamakan juga haruslah dihindari. apabila kita merasa tidak mumpuni dalam bisnis, carilah orang yang ahli dalam bidang tersebut. Contohnya ketika akan berbisnis di bidang bimbingan belajar, bekerjasamalah dengan seorang pendidik yang biasa berbisnis di bidang pendidikan, rekrutlah guru-guru yang terbaik di bidangnya. Jangan takut keuntungan kita berkurang karena dibagi dengan partner. Apabila saham kita hanya 10% mungkin itu yang terbaik dibandingkan kita punya saham 100% tapi usaha kita jalan di tempat. BOTOL (berani optimis dengan tenaga orang lain), BODOL (Berani Optimis Dengan Duit Orang Lain), dan BOOL (Berani Optimis dengan Otak Orang lain) adalah slogan dari Purdie chandra selaku pendiri entrepreuneur university dan pemilik bimbingan belajar primagama, yang bisa kita terapkan dalam bisnis kita.

3. Sisihkaan penghasilan/ gaji kita

Modal adalah hal penting untuk memulai usaha. Tapi tidak adanya modal bukanlah alasan untuk tidak memulai bisnis. Seperti Saya katakan sebelumnya kita bisa menggunakan ilmu bodol nya pak purdie. Dengan hanya bermodalkan ide dan menggunakan duit orang lain, kita sudah bisa melaksanakan bisnis. Tapi alangkah baiknya apabila sebagian modal adalah milik kita sendiri . Bagaimana cara mendapatkannya? Sisihkan penghasilan anda secara teratur.

Baca di http://theyandi.blogspot.com/2008/02/bagaimana-mengelola-penghasilan.html

4. No Gut No Glory

Tanpa keberanian, tak ada kejayaan. Barangkali Billy Liem akan mengatakan dengan cara lain, yaitu Dare to Fail. Kegagalan dalam bisnis, bukanlah sesuatu yang aneh dan mengakhiri segalanya. Justru dengan kegagalan kita bisa belajar banya. Baca di http://theyandi.blogspot.com/2008/06/never-give-up.html ketika saya menutup usaha franchise saya yang pertama, dengan bangga saya mengatakan" Saya telah berhasil menutup usaha saya". Tanamkan selalu sikap mental positif dalam hidup kita. Never Say No! Tapi katakanlah "Why Not?"

5. Banyak Belajar

Mempunyai Tentor adalah hal yang ideal bagi pebisnis pemula. Tentorlah yang akan mengajarkan dan membimbing kita melalui step-step yang seharusnya kita lakukan. Tapi apabila kita tidak memiliki tentor, banyaklah membaca buku, berdiskusi dengan teman-teman yang seide, mengikuti seminar bisnis, rajin-rajin datang ke pameran bisnis, atau belajar bisnis secara online seperti halnya di http://www.bisnis2121.com/internetmarketing/?id=yandizt . Apabila kita bergaul dengan penjual minyak wangi, maka kita akan terbawa wangi. Barangkali begitu.

6. Just Do It

Bagaimana ketika ilmu bisnis kita belum mumpuni? Apakah kita bisa memulai bisnis? Just Do It! seperti itulah slogan sepatu nike. Tidak usah berpikir bahwa kita harus tamat sekolah bisnis atau membaca semua jurnal-jurnal bisnis sebelum memulai bisnis. Street Smart! Belajarlah di lapangan! Learning by doing. Insya Allah kita akan menemukan banyak solusi dalam perjalanannya. Yakinlah!

7. Letakkan uang di kepalamu, bukan di hatimu

Kita bisa menghasilkan uang dengan memikirkannya, tapi janganlah diletakkan di hati kita karena kita bisa menjadi budak uang. Uang bisa menjadi berhala-berhala baru abad ini. Jangan bekerja mengejar uang, tapi biarlah uang yang bekerja untuk kita, begitulah yang dikatakan Robert Kiyosaki.

Barangkali itu yang bisa disampaikan, mohon maaf atas segala kesalahan, maklumlah masih belajar. Saya cuma ingin virus entrepreuneurship cepat menular sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan, tidak ada lagi pengangguran, dan tidak ada lagi orang yang berebutan BLT yang dibagikan oleh pemerintah. Semoga Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi. Amin

Yandi Ariffudin

No comments:

Oke Zone Breaking News

Iklan

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service