Friday, March 14, 2008

Bakteri E coli Bisa Diolah Jadi Sumber Energi


DAHO -- Bagi kebanyakan orang, nama bakteri Escherichia coli langsung memunculkan kesan yang sangat erat dengan racun makanan dan penarikan produk makanan dari pasar. Namun, bagi Profesor Thomas Wood, bakteri ini bisa diolah menjadi sumber energi yang kelak dapat menghidupkan kendaraan bermotor dan penerangan di rumah-rumah.

Dengan memodifikasi sifat genetis bakteri E coli, profesor dari Fakultas Teknik Kimia Universitas A&M Texas, Amerika Serikat itu, berhasil merekayasa jaringan E coli sehingga menghasilkan gas hidrogen yang cukup banyak. Seperti dikutip dari hasil penelitiannya yang berjudul Microbial Biotechnology, Kamis (31/1), sel yang telah dimodifikasi gennya itu memproduksi hidrogen 140 kali lebih banyak dibanding proses normal.

Meskipun demikian, Thomas sadar masih banyak hal yang harus dilakukan sebelum hasil penelitiannya ini dikembangkan secara komersial. Tapi, satu hal yang pasti, temuan Thomas menjanjikan satu lagi alternatif sumber energi yang bisa digunakan pada masa-masa mendatang.

Bahkan, hasil penelitian ini bisa disebut sebagai batu lompatan bagi terlahirnya energi berbasis hidrogen yang diyakini akan banyak diterapkan di berbagai negara kelak. Energi yang terbarukan, bersih, dan efisien adalah kunci bagi teknologi yang memanfaatkan sel sebagai bahan bakar.

Jenis bahan bakar ini berpotensi menjadi sumber energi buat barang-barang, mulai dari elektronik yang mudah dipindahkan hingga kendaraan bermotor, bahkan pembangkit listrik sekalipun.

Saat ini, hidrogen diproduksi secara massal di seluruh dunia dengan teknologi yang dikenal dengan sebutan 'memecah air', sehingga hidrogen bisa terpisah dari oksigen dalam unsur air. Tapi, proses ini sangatlah mahal dan membutuhkan energi yang luar biasa besarnya, itu sebabnya teknologi ini belum ekonomis bagian kebanyakan orang.

Tetapi, temuan Wood menawarkan solusi yang berbeda. Bila selama ini orang kerap mendengar jaringan tertentu selalu membawa penyakit untuk manusia, namun sebenarnya banyak jaringan lain yang tidak menimbulkan bahaya, bahkan bermanfaat positif bisa mencegah hadirnya bakteri jahat di tubuh manusia.

Bakteri E coli bukan cuma baru kali ini diketahui berdampak bagus untuk manusia. Sebelumnya, E coli juga telah diproduksi sebagai insulin dan dimanfaatkan untuk pengembangan berbagai vaksin.

(ant/eye)


Sumber : http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=322271&kat_id=13

1 comment:

immanuelabbott said...

How to get to Tropicana by Bus, walk or biking from
Directions to Tropicana 고양 출장마사지 by Bus, 청주 출장샵 walk or 충청북도 출장샵 biking from Atlanta to Columbia City 경상남도 출장안마 using a public transportation accessible 인천광역 출장안마 from the Atlanta

Oke Zone Breaking News

Iklan

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service